Orang Muda Sahabat Yesus, Diutus Mentransformasi Masyarakatnya Seri Kualifikasi KOMJaker (bagian 9)

sumber: koran-jakarta.com

Setelah mengenal, menyadari dan berusaha memiliki kedelapan kualifikasi seperti yang dijelaskan pada tulisan-tulisan terdahulu, pada akhirnya setiap KOMJaker harus mengalami proses pembelajaran yang mengantarkannya pada kualifikasi diri sebagai seorang sahabat Yesus, Allah yang diutus ke tengah kenyataan dunia dengan segala persoalannya, menanggalkan keilahianNya dan hidup sebagai manusia, merintis kehidupan yang lebih adil dan damai mulai dari lingkungan di sekitarNya, dan rela mengorbankan hidupNya sendiri demi nilai-nilai yang diyakiniNya melawan akar kekerasan dan ketidakadilan.

Menjadi sahabat Yesus sama sekali bukan sikap romantis, melainkan sikap progresif dan transformatif. Menjadi sahabat Yesus memiliki konsekuensi kesediaan menerapkan segala cara berpikir, cara mengolah rasa dan cara bersikap/berperilaku seperti Dia sendiri, sejauh bisa kita pelajari dan refleksikan dari kisah-kisah dalam Alkitab Suci. Selanjutnya, menjadi sahabat Yesus mendorong kesukarelaan melanjutkan apa saja yang telah dimulaiNya lalu dilanjutkan oleh para pengikutNya.

Singkat kata, seluruh kualifikasi KOMJaker ini merupakan sejumlah cara mewujudkan iman sebagai murid, pengikut, sahabat Yesus sendiri, di antara banyak cara lain yang masih bisa dilakukan/dipenuhi seturut nilai-nilai, ajaran dan tradisi Gereja Katolik.

Author Description

KOMJak7

No comments yet.

Join the Conversation