Apa itu Komjak

Kampus Orang Muda Jakarta (KOMJak) adalah program beasiswa pengembangan diri komprehensif bagi orang muda Katolik di Keuskupan Agung Jakarta (KAJ). Sebagai program pengembangan diri komprehensif, KOMJak ingin mewadahi arena pembelajaran bagi orang muda Katolik yang ingin mengembangkan dirinya secara menyeluruh, baik dari aspek kognitif/intelektualnya, afektif/olah rasanya, hingga konatif/sikap, perilaku, dan keterampilan hidupnya.

Namun, program beasiswa KOMJak ini tidak sama dengan program beasiswa studi formal, di mana pesertanya mendapat dukungan sejumlah dana untuk membiayai studinya di lembaga pendidikan formal (sekolah/perguruan tinggi). Beasiswa yang dimaksud adalah pembiayaan seluruh kegiatan formal KOMJak ditanggung oleh penyelenggara. Maka peserta tidak dipungut uang kontribusi.

Mengapa KOMJak Diselenggarakan? (Background)

Hidup di Indonesia jaman sekarang semakin tak mudah. Kondisi krisis di berbagai aspek memengaruhi hidup kita sehari-hari. Sehingga meniti hidup dengan beragam tantangan membutuhkan kecerdasan integratif (intelektual, spiritual, emosional), kapasitas diri yang tangguh dari berbagai sisi kognitif/intelektual, afektif/olah rasa, konatif/tindakan), lingkungan pembelajaran yang mendukung, arena aktualisasi diri yang menggairahkan (bidang sosial politik, sosial ekonomi, sosial budaya), serta keintiman relasi dengan Allah Sang Pembebas.

Kegagalan menemukan hal-hal itu sering membuat banyak orang muda terpuruk dalam ketakberdayaan, bahkan frustasi berkepanjangan, meski secara fisik tak selalu menampilkannya sebagai sosok yang sakit secara kejiwaan. Namun, sebaliknya, keberhasilan memeroleh hal-hal itu selalu membuat orang muda muncul sebagai sosok yang percaya diri, penuh gairah dan motivasi, tampil sebagai pribadi yang unggul, sekaligus terbuka untuk berbagi kepada sesama. Dan justru dari kapasitas diri semacam itulah ia mudah diterima oleh beragam kalangan, mudah menemukan lingkungan pergaulan, membuka kesempatan/ kemungkinan untuk lebih maju dan berkembang meniti jalan kepada indahnya masa depan, bahkan tak mustahil mampu merintis kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat di sekitarnya.

Demi mendorong orang muda mencapai keberhasilan itulah Kampus Orang Muda Jakarta (KOMJak) ini didedikasikan.

Apa yang Hendak Dituju? (Outcomes)

Program KOMJak ini bertujuan untuk:

Mempertemukan pribadi-pribadi orang muda yang punya mimpi besar tentang dirinya sendiri, Gereja Katolik, dan bangsa Indonesia.
Menyediakan arena pembelajaran bagi orang muda yang termotivasi kuat untuk mengembangkan diri dalam pelbagai aspeknya (kognitif/intelektual, afektif/olah rasa, konatif/tindakan dan sikap)
Membangun kapasitas pribadi orang muda yang berarti bagi dirinya sendiri, keluarga dan komunitas yang dilibatinya, Gereja, serta lingkungan sekitarnya dan bangsanya.

Apa yang Hendak Dihasilkan? (Output)

Program ini ingin memunculkan orang muda yang memiliki kapasitas unggul sbb.

kritis, terbuka pikirannya (open mind), dan tetap low profile
punya kemampuan survival menghadapi tantangan berat hidup di tengah masyarakat
punya dan mampu memanfaatkan jaringan kerja sama yang handal
kreatif secara luas dalam mengekspresikan dirinya
punya jiwa kepemimpinan di lingkungan manapun yang dilibatinya
punya daya solidaritas kepada sesama, yang meluap dari keunggulan-keunggulan kapasitas dirinya
menghayati perutusannya sebagai sahabat Yesus: merintis kehidupan yang lebih baik dalam masyarakat di sekitarnya.

Apa Saja Kegiatannya? (Program Schedule)

Agenda KOMJak ke depan: (coming soon)

Apa Syarat-syarat Mengikuti Program Ini? (Target Group)

Memiliki mimpi/cita-cita besar untuk diri sendiri, lingkungan sekitar, Gereja, dan bangsa Indonesia.
Laki-laki/perempuan yang sudah dibaptis secara Katolik.
Berdomisili di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.
Berusia maksimal 26 tahun pada saat pendaftaran dibuka.
Bagi Mahasiswa minimal semester 5. Bagi lulusan SMA minimal telah bekerja 3 tahun.
Memiliki rasa ingin tahu yang besar
Bersedia mengikuti seluruh rangkaian program secara penuh

Author Description

adminkomjak

No comments yet.

Join the Conversation